Calon Tuan Rumah MotoGP 2021, Begini Progres Pembangunan Sirkuit Mandalika

Posted on

Circuit Mandalika akan jadi salah satunya ajang yang dipakai untuk balap MotoGP musim 2021. Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) untuk pengembang circuit mengatakan jika proses pembangunan trek balap. Bersambung walau dalam waktu epidemi Covid-19.

“Sekarang ini sedang dilaksanakan eksperimen (trial) susunan subgrade yang disebut susunan perkerasan berbutir atau yang umum disebutkan lapis fondasi atas. Sebelum pembuatan 3 susunan aspal untuk jalan teritori The Mandalika yang akan jadi Street Race Sirkuit MotoGP pertama di dunia”. Catat ITDC dalam account instagram sah, Senin, 7 September 2020.

Menurut ITDC susunan subgrade yang mempunyai ketebalan 22 cm. Ini ditescoba di tempat inner service road dengan cara penghamparan dua layer.

“Eksperimen dilaksanakan untuk tentukan beberapa patokan dalam penerapan pekerjaan lapis subgrade seperti besaran kandungan air yang diperlukan dalam penerapan. Pemadatan serta jumlah trek dari alat berat pemadat yang diperlukan untuk memperoleh kepadatan maximum. Sesuai detail yang dipastikan,” catat ITDC.

Penerapan eksperimen serta pekerjaan Susunan Subgrade ini menimbang serta merujuk pada aturan tehnis yang telah dipastikan oleh Kementerian Pekerjaan Umum serta Perumahan Rakya dalam penerapan item-item pekerjaan jalan type perkerasan lentur.

Awalnya, Menteri Koordinator Bagian Pembangunan Manusia serta Kebudayaan (PMK), Muhadjir Effendy, mengatakan, penyelenggaraan MotoGP Mandalika pada 2021 sekaligus juga bisa mengenalkan pariwisata Nusa Tenggara Barat di dunia.

“Melalui MotoGP ini kita mengenalkan pariwisata NTB pada dunia,” kata Muhadjir Effendy waktu mengevaluasi pembangunan circuit MotoGP Mandalika di Desa Kuta, Kabupaten Lombok Tengah, pada Kamis 27 Agustus 2020.

Tahun kemarin, CEO Dorna Sports SL – pemegang hak MotoGP – Carmelo Ezpeleta serta Sporting Director Carlos Ezpeleta mengevaluasi Mandalika pada Oktober 2019.

Carmelo Ezpeleta menyebutkan project circuit Mandalika unik. Pertama, tempatnya yang cantik, serta ke-2, ada di negara yang penduduknya adalah fans paling besar MotoGP.

IRSYAN HASYIM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *